Sunday, November 9, 2014

Artikel lengkap lidah buaya

Klasifikasi  lidah buaya

Kingdom : Plantae
     Subkingdom : Tracheobionta
          Super divisi : Permatophyta
               Divisi : Magnoliophyta
                    Kelas : Liliopsida
                          Ordo : Sparagales
                                 Famili : Asphodelaceae
                                        Genus : Aloe
                                              Spesies : Aloe vera L.



Deskripsi  lidah buaya


Lidah buaya atau Aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sebagai  penyubur rambut,penyembuh luka,dan untuk perawatan kulit. Lidah buaya sering dijumpai pada habitus perdu, Habitat adalah tumbuh liar ditempat yang berhawa panas, Akar tanaman Aloe Vera berupa akar serabut yang pendek dan berada di permukaan tanah. Panjang akar berkisar antara 50 – 100 cm. Untuk pertumbuhannya tanaman menghendaki tanah yang subur dan gembur di bagian atasnya. Batang Tanaman Aloe Vera berbatang pendek. Batangnya tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakan. Aloe Vera yang bertangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Batang Aloe Vera juga dapat disetek untuk perbanyakan tanaman. Peremajaan tanaman ini dilakukan dengan memangkas habis daun dan batangnya, kemudian dari sisa tunggul batang ini akan muncul tunas-tunas baru atau anakan. Daun tanaman Aloe Vera berbentuk pita dengan helaian yang memanjang. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifaat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lendir (gel) sebagai bahan baku obat. Tanaman lidah buaya tahan terhadap kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang dapat dimanfaatkan pada waktu kekurangan air. Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 50 – 75 cm, dengan berat 0,5 kg – 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang bersaf-saf.

Manfaat  lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini pemeliharaan nya relatife mudah dan produksinya lebih tahan lama (Tidak mudah busuk). Tumbuhan ini juga memiliki kegunaan dan manfaat yang sangat luas misalnya untuk pengobatan sampai kosmetik/kecantikan. lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kangker serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

a.    Untuk kosmetik

  •  Mengatasi radang kulit

Radang kulit sering kali muncul, misalnya akibat sinar X kala operasi, terpapar sinar matahari terlalu lama ataupun luka akibat trauma. Banyak ahli yang mengandalkan cairan (gel) yang diambil dari daging daun lidah buaya untuk mengatasi keluhan/gangguan ini.

  •   Merawat kulit

Lidah buaya juga melembapkan kulit. Khasiat ini sudah dikenal sejak zaman Cleopatra. Tak heran kalau hampir 70% produk kosmetik saat itu intisarinya adalah gel lidah buaya. Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit serta menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Dengan demikian kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapannya tetap terjaga.

b.    Untuk kesehatan

  •   Detoksifikasi
  •   Gangguan pencernaan
  •   Kesehatan mulut
  •   Diabetes
  •   Membantu gerakan usus
  •   Menjaga berat badan
  •   Meningkatkan sistem kekebakan tubuh
  •   Dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar 


No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat