Wednesday, October 8, 2014

Makalah bahasa indonesia Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh Negatif Westernisasi Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia

A. Latar Belakang

Latar belakang dibuatnya makalah dengan tema westernisasi ini karena semakin banyaknya budaya barat yang masuk ke Indonesia, semakin banyak pula pengaruh positif dan negative bagi masyarakat Indonesia. Namun, pengaruh negative lebih mempengaruhi pola hidup masyarakat Indonesia pada zaman yang serba canggih ini. Dengan banyak cara, westernisasi menggusur kepribadian suatu bangsa yang merdeka dan memiliki karakteristik yang unik. Kemudian bangsa tersebut dijadikan boneka yang meniru secara total peradaban Barat.

B. Tujuan

Tujuan dibahasnya masalah ini antara lain adalah:
- Agar kita mengetahui apa westernisasi itu sendiri
- Agar kita dapat mengerti tentang pembahasan westernisasi ini
- Agar kita bisa lebih bangga terhadap budaya bangsa kita sendiri
- Agar kita tetap mengikuti norma-norma yang ada pada budaya Timur yang dianut oleh bangsa kita Indonesia.
- Agar kita tidak terlalu menerapkan seluruh pola hidup Negara Barat yang tidak sesuai dengan budaya Timur yang dianut oleh bangsa Indonesia ini.

II. Permasalahan

1. Pudarnya rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap kebiasaan dan adat bangsa Indonesia.
2. Generasi muda saat ini banyak yang berpendapat bahwa kebudayaan orang-orang Barat lebih menarik daripada kebudayaan Indonesia itu sendiri.
3. Warga Indonesia banyak yang menyalahgunakan produk industri yang meniru peradaban Barat.
4. Masyarakat Indonesia khususnya remaja mulai menerapkan gaya hidup individualis seperti gaya hidup orang-orang Barat.

III. Pembahasan

1. Masyarakat di Indonesia, terutama para generasi muda saat ini banyak yang beranggapan bahwa kebiasaan dan adat di Indonesia ini telah ketinggalan zaman sedangkan budaya Barat itu lebih keren dan modern. Generasi kita terlalu bangga dengan kebiasaan dan adat orang-orang dari Negara Barat. Sementara dengan adat sendiri malu apabila menunjukkan adat tersebut di depan umum. Hal ini dapat dicegah atau dapat diminimalisir jika masyarakat Indonesia lebih pandai menyaring dampak positif dan negative dari budaya barat itu sendiri.
2. Generasi muda saat ini banyak yang berpendapat bahwa kebudayaan orang-orang Barat lebih menarik daripada kebudayaan Indonesia itu sendiri. Padahal banyak orang-orang dari Negara lain yang tertarik untuk mempelajari dan mendalami budaya Indonesia yang unik dan beraneka ragam ini. Kenapa kita malah kurang berminat dalam mempelajari budaya kita bahkan lebih sering meng-update tentang mode terbaru ala budaya Barat? Apabila warisan kepribadian bangsa tersebut dilestarikan, maka sesungguhnya akan memberikan suatu nilai lebih bagi kehidupan bangsa Indonesia dibandingkan dengan Negara lain.
3. Minimnya perhatian pemerintah serta tersebar luasnya budaya Barat melalui media-media baik cetak maupun elektronik yang menonjolkan budaya-budaya barat juga menimbulkan dampak negative dari westernisasi. Sebagai contoh warga Indonesia sendiri banyak yang menyalahgunakan produk industri, misalnya thank top yang diluar negeri digunakan pada musim panas, akan tetapi di Indonesia malah digunakan untuk bergaya di depan umum. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia latah terhadap perubahan. Mereka menganggap pakaian produksi Negara Barat tersebut sesuai dengan budaya Timur yang dianut oleh bangsa kita Indonesia.
4. Masalah norma berperilaku dalam kehidupan masyarakat, kita tahu bahwa orang Jawa terkenal dengan “unggah-ungguhnya” apabila bertemu dengan orang lain, namun di era modernisasi ini orang-orang semakin jarang melakukannya. Banyak diantara mereka yang justru cuek bebek dan selalu menunjukkan bahwa seolah-olah orang itu hidup sendirian (individualis), padahal kita tahu sikap dan gaya individualis adalah gaya-gaya orang barat, dan tidak sesuai dengan budaya Timur Negara kita.

Pengaruh Westernisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia

Perubahan sosial dapat diartikan perubahan yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan. Sedangkan yang dimaksud perubahan budaya adalah perubahan yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.
Westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik, sosial, budaya, dan teknologi. Arus ini bertujuan mewarnai kehidupan sehari-hari bangsa-bangsa dengan gaya Barat.
Westernisasi di Indonesia menurut kami merupakan suatu masalah yang perlu dicermati bersama karena menyebabkan perubahan terhadap masyarakat multicultural Indonesia yang semakin lupa akan nilai luhur, budaya, norma adat-istiadat yang sejujurnya merupakan warisan kepribadian bangsa Indonesia asli berasal dari nenek moyang kita terdahulu.
Sekarang ini begitu banyak generasi bangsa Indonesia yang bersikap “kebarat-baratan”, kini jati diri bangsa hanya tampak pada sebagian kecil kelompok masyarakat.
Masyarakat Indonesia seringkali latah menanggapi perubahan. Sebagian dari mereka terlalu cepat menganggap bahwa semua perubahan adalah perubahan positif yang harus ditiru. Tanpa menghiraukan dampak negatifnya.
Masyarakat harus bisa mengambil hal-hal yang baik dari suatu budaya asing serta membuang hal-hal buruk dari budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian maupun jati diri bangsa kita.

No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat