Wednesday, October 8, 2014

KARBOHIDRAT, LEMAK DAN PROTEIN - Artikel lengkap biologi

KARBOHIDRAT, LEMAK DAN PROTEIN



Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Makanan mempunyai peranan penting, antara ...lain sebagai berikut :
1. Untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh
2. Menjaga jaringan tubuh agar tidak rusak
3. Sebagai penghasil energi
4. Mengatur proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh
5. Sebagai benteng tubuh dari berbagai macam kuman penyakit

Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda.
Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari.Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi.
Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita,baik otak maupun tubuh kita.
Lemak digunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi.Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.
Berikut zat-zat yang terkandung dalam makanan yang diperlukan oleh tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kompleks yang tersusun atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) dengan rumus molekul CnH2nOn. Nama lain dari karbohidrat adalah disakarida berasal dari bahasa arab “sakkar” artinya gula. Karbohidrat sederhana mempunyai rasa manis sehingga dikaitkan dengan gula.

Karbohidrat terbagi menjadi 3 kelompok yaitu sebagai berikut :
1. Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa yaitu fruktosa.

2. Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus OH dengan melepaskan molekul air. Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa dan maltosa.

3. Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan amilum.

Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa, pektin, serta lignin. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi tenaga untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

Amilum

Pati atau amilum (CAS# 9005-25-8) adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau. Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting.
Pati tersusun dari dua macam karbohidrat, amilosa dan amilopektin, dalam komposisi yang berbeda-beda. Amilosa memberikan sifat keras (pera) sedangkan amilopektin menyebabkan sifat lengket. Amilosa memberikan warna ungu pekat pada tes iodin sedangkan amilopektin tidak bereaksi. Penjelasan untuk gejala ini belum pernah bisa tuntas dijelaskan.

Gula (Glukosa)

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia, yang menyediakan 4 kalori (17 kilo joule) energi pangan per gram. Pemecahan karbohidrat (misalnya pati) menghasilkan mono- dan disakarida, terutama glukosa. Melalui glikolisis, glukosa segera terlibat dalam produksi ATP, pembawa energi sel. Di sisi lain, glukosa sangat penting dalam produksi protein dan dalam metabolisme lipid.


Karena pada sistem saraf pusat tidak ada metabolisme lipid, jaringan ini sangat tergantung pada glukosa.
Glukosa diserap ke dalam peredaran darah melalui saluran pencernaan. Sebagian glukosa ini kemudian langsung menjadi bahan bakar sel otak, sedangkan yang lainnya menuju hati dan otot, yang menyimpannya sebagai glikogen ("pati hewan") dan sel lemak, yang menyimpannya sebagai lemak. Glikogen merupakan sumber energi cadangan yang akan dikonversi kembali menjadi glukosa pada saat dibutuhkan lebih banyak energi. Meskipun lemak simpanan dapat juga menjadi sumber energi cadangan, lemak tak pernah secara langsung dikonversi menjadi glukosa. Fruktosa dan galaktosa, gula lain yang dihasilkan dari pemecahan karbohidrat, langsung diangkut ke hati, yang mengkonversinya menjadi glukosa.

Protein

Protein (akar kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.
Kebanyakan protein merupakan enzim atau sub unit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton.
Bahan penyusun protein adalah asam amino, asam amino ada 2 jenis yaitu asam amino essensial dan asam amino non essensial :

1. Asam amino esensial atau asam amino utama adalah asam amino yang amat dibutuhkan oleh tubuh tetapi tubuh tidak mampu menghasilkan sendiri sehingga harus didatangkan dari luar, misalnya valin, fenilalanin, arginin, histidin, lisin, isoleusin, leusin, metionin, treonin, dan triptophan.
2. Asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh sendiri, misalnya alanin, sistein, glisin, tirosin, dan prolin.

Protein dapat diperoleh dari daging, telur, keju, susu, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Protein berasal dari hewan antara lain telur, keju, susu, dan ikan yang disebut urst class protein karena mengandung kesepuluh asam amino esensial. Protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang biasa disebut protein nabati banyak terkandung dalam kacang-kacangan.

Protein berfungsi sebagai zat pembangun, sebagai zat pengatur, dan sebagai bahan bakar (sumber energi).
1. Sebagai zat pembangun, protein berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki jaringan dan sel yang rusak.
2. Sebagai zat pengatur, protein mengambil peranan dalam mengatur berbagai proses dalam tubuh, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, protein juga berperan dalam pembentukan enzim dan hormon.
3. Protein merupakan sumber energi lain setelah karbohidrat artinya jika energi yang dibutuhkan tidak terpenuhi dari pembakaran karbohidrat, maka energi diperoleh dari pembakaran protein. Setiap satu gram protein mengandung 4,1 kalori. Jika tubuh kekurangan protein akan menderita penyakit KWASIORKOR. Penderita penyakit ini akan terhambat pertumbuhannya, kulit bersisik, kurus, dan rambutnya kusam.

Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).


Lemak

Lemak merupakan senyawa organik yang mengandung unsur-unsur C, H, O (karbon, hidrogen, oksigen) dan kadang-kadang P dan N (fosfor dan nitrogen).
Lemak tersusun atas dua kelompok utama yaitu gliserol dan asam lemak. Asam lemak dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh berbentuk padat dan bersama gliserin, tubuh dapat mensintesis sendiri. Didalam asam lemak tak jenuh terdapat esensial (asam lemak yang tidak dapat disintesis di dalam tubuh), yaitu asam linolat, asam linoleat, dan asam arachidonat . Asam lemak ini bersifat cair dan tidak dapat disintesis sendiri dalam tubuh. Asam lemak tak jenuh banyak didapatkan pada lemak nabati.
Lemak ada dua macam yaitu lemak hewan ( daging, keju, minyak ikan, telur dan mentega) dan lemak nabati ( kacang tanah dan margarin)

Peranan lemak :
1. Untuk menghasilkan kalor dan energi
2. Sebagai pelarut vitamin dan zat-zat lain
3. Untuk membangun bagian-bagian tertentu dari sel.
4. Dapat melindungi tubuh dari suhu yang rendah
5. Sebagai bantalan lemak dan pelindung organ dalam

No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat