Tuesday, September 9, 2014

pengertian sosiologi menurut para ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli


Secara etimologis, sosiologi berasal dari kata socius (bahasa Latin: teman) dan logos (bahasa Yunani: kata, perkataan, pembicaraan). Jadi secara harfiah, sosiologi adalah membicarakan, memperbincangkan teman pergaulan. Lalu, bagaimana pengertian sosiologi menurut para ahli sosiologi? langsung saja kita simak yang pertama:

1.Emile Durkheim
Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yangmengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.


2. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-prosessosial termasuk perubahan sosial.


3. Soejono Sukamto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.


4. William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosialanggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dankondisi.


5. Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannyadengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.


6. Menurut Roucek & Waren
, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dengan kelompok sosial.

7. Menurut Soerjono Soekanto
, sosiologi adalah ilmu yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum.


8. Pitirim Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara anekamacam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologiadalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosialdengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciriumum semua jenis gejala-gejala sosial lain

9. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.


10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf 
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaituorganisasi sosial.


11. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proseskemasyarakatan yang bersifat stabil.


12. Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.



13. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.


14. Auguste Comte
Sosiologi adalah Suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejaladalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.


15. Herbert Spenser
 Sosiologi adalah Ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan danproses kehidupan social sebagai suatu keseluruhan / suatu sistem


16.J. Gillin
Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalammasyarakat


17.P.J. Baouman
 Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golonganmanusia


18. Mr. J. Bierens De Haan
  Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekatnya,susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakkannya, mengenai kesehatan dan perkembangan masyarakat.


19. George Simmel
Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesama manusia ( HumanRelationship )

20. Lester Frank Ward
Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meneliti kemajuan-kemajuanmanusia dan apa saja yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya.


21. William Kornblum
Sosiologi adalah Suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku-perilakuanggotanya yang menjadikannya masyarakat yang bersangkutan ke dalam berbagaikelompok-kelompok dan berbagai kondisi-kondisi


22. Allan Johnson
Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannyadengan suatu system social dan bagaimana system tersebut mempengaruhi individu dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi system itu.



23. Vander Zanden
Sosiologi adalah Studi ilmiah tentang interaksi manusia di masyarakat.


24. Anthony Giddens
 Sosiologi adalah Studi tentang kehidupan social manusia, kelompok-kelompok manusia danmasyarakat.


25. Mayor Polak 
Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yaknihubungan diantara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengankelompok.


26. Hassan Shadily
 Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hidup bersama dalammasyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antar manusia yang menguasaikehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama,cara terbentuk dan tumbuh serta perubahannya


27. Charles Ellwood
sosiologi adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dangolongannya, asal dan kemajuannya, bentuk dan kewajibannya.


28. Gustav Ratzenhofer
sosiologi merupakan pengetahuan tentang hubungan manusia dengankewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi social sertakemakkuran umum bagi anggota – anggotanya.


29. Adam Kuper
 sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang fokusnya mempelajarimasyarakat. Kuper juga menyebutkan sosiologi sebagai ilmu yangmempelajari tindakan atau perilaku manusia di dalam kelompoknya.


30. Nursid Sumaatmadja (1986)
sosiologi adalah ilmu pengetahuan tantang relasi – relasi social, artinyabahwa manusia merupakan mahluk yang aktif mengadakan kontak –kontak dengan interaksi – interaksi social yang berupa tingkah laku dandapat saling mempengaruhi. Oleh karena itu, ada juga yangmenyebutkan bahwa sosiologi dapat diartikan secara luas sebagai studitentang interaksi – interaksi dengan tipe – tipenya yang timbul darikontak antar individu – individu. Kelanjutan interaksi social terjadi antarrelasi social yang akhirnya membentuk suatu kelompok social. Dankelompok – kelompok social ini merupakan bagian yang aktif darikelompok – kelompok sosialnya.

31. Albion Woodbury Small
Albion Woodburry Small mengemukakan pengertian sosiologi sebagaikepentingan social yang menyatakan bahwa kepentingan berada ditanganmanusia pribadi mapun kelompok dan dapat dikategorikan kedalammasalah-masalah seperti kesehatan, kekayaan, pengetahuan, keindahan,kebenaran dan sebagainya. Masyarakat dianggap sebagai hasil kegiatanmanusia untuk memenuhi kepentingan-kepetingannya.


32.F.G. Robbins,
sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dandinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanyadengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.


33.H.P. Fairchild
 dalam bukunya ”
 Dictionary of Sociology”
dikatakan bahwa sosiologi pendidikanadalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikanyang fundamental. Jadi ia tergolong
applied sociology.


34 .Prof .DR S. Nasution,M.A
.,Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-caramengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

35.F.G Robbins dan Brown
,Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan sertamengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.


36.E.G Payne
,Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikandari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.


37.Drs. Ary H. Gunawan
,Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

pengertian sosiologi menurut para ahli
pengertian sosiologi menurut para ahli


Pendapat para ahli lainnya

1. Auguste Comte
Auguste ComteSosiologi adalah suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

Istilah ‘sosiologi’ pertama kali digunakan oleh Auguste Comte pada tahun 1839, seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis. Auguste Comte adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah tersebut sebagai pendukatan khusus untuk mempelajari masyarakat. Selain itu, dia juga memberi sumbangan yang begitu penting terhadap sosiologi. Oleh karena itu para ahli sepakat untuk menyebutnya sebagai ‘Bapak Sosiologi’. Mengapa? Memang harus diakui bahwa Auguste Comte sangat berjasa terhadap ilmu sosiologi.

2. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

3. Pitirim A. Sorokin
Pitirim A. SorokinSosiologi adalah ilmu yang mempelajari:

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dsb.
Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya dengan gejala geografis, biologis, dsb).
Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial.

4. Emile Durkheim
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

5. Wiliam F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

6. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

7. Soerjono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

8. Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

9. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

10. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

11. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

12. Hassan Shandily
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

2 comments:

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat