Friday, September 5, 2014

Fungsi dan manfaat vakuola dalam sel

Fungsi dan manfaat vakuola dalam sel

Bagi tumbuhan, vakuola berperan sangat penting dalam kehidupan karena mekanisme pertahanan hidupnya bergantung pada kemampuan vakuola menjaga konsentrasi zat-zat terlarut di dalamnya. Proses pelayuan, misalnya, terjadi karena vakuola kehilangan tekanan turgor pada dinding sel. Dalam vakuola terkumpul pula sebagian besar bahan-bahan berbahaya bagi proses metabolisme dalam sel karena tumbuhan tidak mempunyai sistem ekskresi yang efektif seperti pada hewan. Tanpa vakuola, proses kehidupan pada sel akan berhenti karena terjadi kekacauan reaksi biokimia.

Vakuola merupakan komponen penting dari sel tumbuhan, jamur, dan hewan. Tanggung jawab utama dari vakuola adalah untuk menjaga tekanan turgor dalam sel. Fungsi vakuola berbeda tercantum di bawah ini.

Vakuola merupakan organel penting hadir pada sel-sel tumbuhan, hewan, protista, jamur dan bakteri. Selain dari air, vakuola juga mengandung berbagai jenis molekul organik / anorganik, bahan padat dan enzim. Vakuola adalah jenis vesikel berukuran besar. Beberapa vesikel membran datang bersama-sama untuk membentuk vakuola, itulah sebabnya mereka lebih besar dari organel sel lainnya. Vakuola memainkan peran penting dalam kelancaran fungsi berbagai proses sel tumbuhan dan protista. Peran yang dimainkan oleh vakuola pada hewan dan sel bakteri tidak signifikan seperti itu dalam sel tanaman dan protista.

Vakuola juga dapat membantu melindungi tumbuhan terhadap predator dengan mengandung senyawa yang beracun atau tidak menyenangkan bagi hewan. itu vakuola memiliki peran amajor dalam sel pertumbuhan ofplant, yang memperbesar sebagai vakuola mereka menyerap air, memungkinkan sel untuk menjadi lebih besar dengan investasi minimal dalam sitoplasma baru. Sitosol sering hanya menempati lapisan tipis antara vakuola pusat dan membran plasma, sehingga rasio permukaan membran plasma untuk Volume sitosol besar, bahkan untuk sel pabrik besar.

Vakuola dianggap sebagai ‘tempat penyimpanan sampah ‘ sel. Seiring dengan inti, vakuola merupakan salah satu organel penting dari sel.

Berikut adalah fungsi Vakuola:
  • Memasukkan air melalui tonoplas yang bersifat diferensial permiabel untuk membangun turgor sel.
  • Tempat penyimpanan minyak atsirik (golongan minyak yang memberikan bau khas seperti minyak kayu putih).
  • Tempat penyimpanan zat cadangan makanan seperti amilum dan glukosa.
  • Menjadi tempat penyimpanan zat makanan terlarut yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh sitoplasma. Misalnya, sukrosa, gilikogen, dan garam mineral.
  • Tempat penimbunan sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, tanin, dan kalsium oksalat.
  • Mampu memfasilitasi proses sirkulasi zat dalam sel.
  • Vakuola tumbuhan, kadang-kadang mengandung enzim hidrolitik yang dapat bertindak sebagai lisosom waktu hidup. Setelah sel mati, tonoplas kehilangan sifat diferensial permiabelnya sehingga enzim-enzimnya lolos keluar menyebabkan autolisis (penghancuran diri).
  • Sebagai kelengkapan sel untuk memelihara tekanan osmotik sel.
  • Vakuola ada yang berisi pigmen pada daun, bunga, dan buah dalam bentuk larutan, seperti antosian, termasuk antosianin yang berwarna merah, biru, dan lembayung, juga warna gading dan kuning. Antosian dapat memberi warna pada bunga, buah, pucuk, dan daun. Hal ini, berguna untuk menarik serangga, burung, dan hewan lain yang berjasa bagi penyerbukan atau persebaran biji.
  • Mengatur tirgiditas sel (tekanan osmotik sel).
Fungsi yang berbeda dilakukan oleh vakuola tercantum di bawah ini.

  • produk limbah yang dihasilkan dalam sel yang terakumulasi dalam vakuola. Dengan demikian, vakuola melindungi organel sel lain dari pengaruh berbahaya dari limbah.
  • Mempertahankan tingkat pH yang tepat merupakan salah satu fungsi penting dari vakuola. Vakuola membantu dalam mempertahankan pH internal yang asam dalam sel. Selain mempertahankan pH sel, vakuola juga mempertahankan turgor dan tekanan hidrostatik.
  • Racun diproduksi dalam sel memiliki potensi untuk membahayakan / mengganggu kesehatan sel. Vakuola melakukan pekerjaan penting yang mengisolasi mereka dari sisa komponen seluler.
  • Vakuola berperan penting dalam proses autophagy – sebuah proses di mana degradasi komponen sel berlangsung. Autophagy adalah proses katabolik di mana komponen yang tidak lagi diperlukan oleh sel mengalami degradasi. Selama proses autophagy, vakuola menjaga keseimbangan antara biogenesis dan degradasi zat dalam sel.
  • Vakuola dikenal untuk melindungi sel dari bakteri tertentu. Menghancurkan bakteri yang menyerang sel-sel adalah fungsi penting yang dilakukan oleh vakuola.
  • Ini vakuola makanan yang ditemukan di amuba melakukan pekerjaan penting pencernaan.
Peran yang dimainkan oleh vakuola pada sel hewan adalah tidak sepenting dalam sel tanaman. Fungsi yang vakuola tampil di berbagai jenis sel tercantum di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat