Sunday, April 13, 2014

Kumpulan Fakta Sains Unik Part I

Tahukah Kamu Air Lebih Mudah Mendidih di Tempat yang Lebih Tinggi

Quote:
"Titik didih air (dan cairan pada umumnya) dipengaruhi oleh tekanan lingkungan sekitar. Semakin tinggi tempat mendidihkan cairan, semakin rendah tekanan pada tempat tersebut. Perlu diketahui bahwa tekanan yang lebih besar akan menyebabkan molekul pada cairan memerlukan energi lebih besar untuk melepaskan diri, yang berarti diperlukan suhu yang lebih tinggi. 

Pada permukaan laut, nilai tekanan udara memiliki besar 1 atm (atmosfir). Pada titik ini, nilai titik didih dikenal dengan nama Titik Didih Normal atau Titik Didih Atmosfir. Pada air, nilai titik didih ini adalah 100 derajat Celcius."

Tahukah Kamu kenapa pasang surut laut terjadi


Quote:
Secara umum, pasang surut laut disebabkan oleh gravitasi bulan. Medan gravitasi bulan akan mencoba menarik bumi, akan tetapi bumi dapat menahan medan itu kecuali air laut. Benda langit lainnya (seperti matahari) juga memberikan medan gravitasinya sendiri, akan tetapi nilainya tidak sebesar yang dihasilkan oleh bulan.

Spoiler for Ilustrasi


Kombinasi dari medan gravitasi bulan dan matahari menghasilkan dua buah fenomena yang terjadi secara siklik. Mereka adalah Spring Tide dan Neap Tide.

Spring Tide
Ini terjadi saat bulan dan matahari berada pada satu garis lurus dan efek gravitasinya saling menumpuk. Ini akan membuat efek pasang-surut yang terjadi menjadi besar. Ini terjadi saat bulan muda dan bulan purnama

Neap Tide

Ini terjadi saat bulan dan matahari membentuk sudut siku-siku. Ini akan membuat efek gravitasi yang dirasakan oleh bumi menjadi minimal. Neap Tide terjadi saat bulan setengah diterangi.

Tahukah Kamu peluru2 nyasar yang ditembakkan dari senjata api tidak akan menimbulkan percikan api yang jelas terlihat ketika mengenai permukaan logam atau lainnya seperti yang diperlihatkan di film-film action.

Quote:
Peluru normal merupakan timbal yang dilapisi tembaga. Timbal dan tembaga tidak menghasilkan percikan api, beda dengan besi/baja. Secara otomatis, peluru nyasar terpantul2 juga tidak menghasilkan percikan2 api.

Tapi ada peluru yang memang bisa menghasilkan percikan api. Peluru tersebut bukan peluru biasa melainkan yang sudah ditambah dengan fosfor. Peluru ini terbatas penggunaannya dalam dunia militer saja untuk meledakkan tanki bahan bakar atau bahan peledak.

Tahukah Kamu Air Membeku dari Atas ke Bawah [Anomali Air]

Quote:
Zat cair lain membeku dari bawah ke atas; air membeku dari atas ke bawah. Ini merupakan sifat yang tidak biasa dari air, dan ini sangat penting untuk keberadaan air di permukaan bumi. Kalau air tidak bersifat demikian, artinya es tidak mengapung, sebagian besar air planet kita akan terperangkap dalam es dan kehidupan tidak mungkin ada di laut, danau, kolam, dan sungai.

Banyak tempat di dunia ini di mana suhu turun di bawah 0oC pada musim dingin, sering bahkan lebih rendah lagi. Suhu sedingin itu tentu saja akan mempengaruhi air di laut, danau, dsb. Air semakin dingin dan bagian-bagiannya mulai membeku. Jika es tidak berperilaku seperti sekarang ini (atau tidak mengambang), es akan tenggelam ke dasar sementara bagian air yang lebih hangat akan naik ke permukaan dan terkena udara.

Tetapi suhu udara itu masih membekukan sehingga bagian air ini akan membeku juga dan tenggelam. Proses ini akan berlanjut sampai tidak tersisa air cair sama sekali. Namun bukan itu yang terjadi. Melainkan sebaliknya: Ketika air semakin dingin, air menjadi lebih berat sampai suhunya mencapai 4oC, pada titik ini segala sesuatunya tiba-tiba berubah. Setelah itu, air mulai mengembang dan menjadi lebih ringan seiring menurunnya suhu. Akibatnya, air bersuhu 4oC tetap di bawah, air bersuhu 3oC berada di atasnya, air bersuhu 2oC berada di atasnya lagi dan seterusnya. Pada permukaan sajalah suhu air benar-benar mencapai 0oC dan di situ air membeku. Namun hanya permukaan yang membeku: Lapisan air bersuhu 4oC di bawah es tetap cair dan itu cukup bagi makhluk hidup dan tanaman bawah air untuk terus hidup. 

(Perlu dijelaskan di sini bahwa es dan salju merupakan penghantar panas yang buruk, lapisan es dan salju mencegah panas pada air bagian bawah terlepas ke atmosfer. Akibatnya, kalaupun suhu udara mencapai -50oOC, tebal lapisan es laut tidak akan pernah lebih dari satu atau dua meter dan akan terdapat banyak retakan di dalamnya. Makhluk seperti anjing laut dan pinguin yang hidup di daerah kutub dapat mengambil keuntungan dari keadaan ini untuk mencapai air di bawah es.)

Air di bawah permukaan tidak dapat membeku karena adanya panas bumi sehingga suhu di dasar laut belum tentu lebih rendah dari permukaan air laut.

Tahukah KamuApa yang dimaksud dengan MRI ? 

Spoiler for MRI


Quote:
Magnetic resonance imaging (atau MRI) adalah teknik yang digunakan dalam bidang kedokteran untuk menghasilkan gambar jaringan di dalam tubuh. Dokter menggunakan gambar ini untuk mendiagnosis penyakit, kelainan, dan cedera tertentu. MRI adalah alat untuk diagnosis yang penting karena membuat dokter dapat mengenali jaringan abnormal tanpa harus membuka tubuh melalui pembedahan. MRI tidak memberikan efek radiasi pada pasien, tidak seperti tes yang menggunakan sinar x. MRI menggunakan magnet yang amat kuat dan oleh karena itu tidak dapat digunakan pada orang yang memakai logam yang ditanamkan dalam tubuh, seperti alat pacu jantung , atau sambungan tulang buatan (platina).

Sekian Fakta Unik mengenai Sains, semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan anda mengenai sains.

No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat