Friday, January 17, 2014

Trik dan tips mengerjakan soal TPA

soal tpa
Dalam soal tes ujian masuk PTN seperti SBMPTN dan lainya, terdapat soal bertipe TPA atau soal2 yang berkaitan dengan nalar. yang jumlahnya tidak tentu setiap tesnnya ada yang 60, 70, 75 dan setiap jawaban benar kita diberi point +4 dan salah -1 tidak menjawab 0, karena soal TPA ini masih dibilang cukup mudah dan bersifat nalar / setiap orang pasti bisa menjawabnya, maka pada sesi TPA ini kita harus mengerjakanya dengan semaksimal mungkin minimal benar 60 lah kalau diberi waktu 60 menit, artinya satu soal 1 menit, dan kalu bisa di atas itu, agar nantinya point yang terkumpul banyak dan membuka peluang untuk bisa lulus, karena point yang bisa di dapat di TPA lumayan besar. TPA terdiri dari beberapa tes kemampuan penalaran, diantaranya aljabar dan aritmatika,  penalaran deduktif, dan penalaran verbal

                                                            vizzy.us safety url monetize
 Tes Potensi Akademik Kemampuan Penalaran Deduktif

Pada penalaran deduktif adik-adik dituntut kemampuan untuk menarik sebuah kesimpulan
(konklusi) dari fakta-fakta yang telah disediakan pada soal. Fakta-fakta tersebut berupa premis,
pernyataan atau proposisi.

1. KONKLUSI

  • (Penarikan Kesimpulan)

Pada tes konklusi atau penarikan kesimpulan yang perlu ditekankan adalah tes ini bukan menguji kemampuan berbahasa Indonesia. Akan tetapi lebih dari itu, tes konklusi atau penarikan kesimpulan ini menguji kemampuan anda dalam mengolah fakta yang tersedia pada soal untuk kemudian menarik kesimpulan yang tepat.  Disini, kemampuan adik-adik dalam memahami premis dan menarik kesimpulan sangat diutamakan. Silahkan diingat kembali pada pelajaran Matematika SMA kelas X tentang ”Logika Matematika” pada subbab penarikan kesimpulan. Bagaimana cara menarik kesimpulan yang benar. Itu adalah dasar yang diperlukan dalam menarik kesimpulan pada tipe soal SBMPTN.   Ups, tapi tidak cukup itu saja yang diperlukan. Kemampuan adik-adik dalam memanipulasi informasi tanpa merubah maknanya dan mengambil kesimpulan secara logis (bukan secara perasaan) juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dipelajari lagi. 

Di kelas X SMA tentunya adik-adik masih ingat tentang penarikan kesimpulan berikut:

  • . Modus Ponens

5 ⇒ 7
5
∴ 7
Jika hujan turun maka Sinta memakai payung.
Sinta memakai payung.
Maka kesimpulannya adalah hujan turun.

  • . Modus Tollens

5 ⇒ 7
∼ 7
∴ ∼ 5
Jika saya lulus tes SNMPTN maka saya akan dibelikan sepeda motor.
Saya tidak dibelikan sepeda motor.
Maka kesimpulannya adalah saya tidak lulus tes SNMPTN.

  • . Silogisme

(Silogisme Hipotesis)

5 ⇒ 7
7 ⇒ <
∴ 5 ⇒ <
Jika saya belajar giat maka saya akan wisuda tepat waktu.
Jika saya wisuda tepat waktu maka saya akan cepat menikah.
Maka kesimpulannya adalah jika saya belajar giat maka saya akan cepat menikah.

Nah selain ketiga jenis penarikan kesimpulan tersebut masih ada lagi bagaimana cara penarikan kesimpulan yang lain, yaitu:

  • . Silogisme Kategorial

Semua tumbuhan memerlukan air.
Akasia adalah tumbuhan
Maka kesimpulannya adalah akasia memerlukan air.

Tidak ada pemain AC Milan yang berasal dari Indonesia.
Semua pemaian Timnas berasal dari Indonesia.
Maka kesimpulannya adalah tidak ada permain Timnas yang bermain di AC Milan.

Semua koruptor adalah penjahat.
Semua koruptor harus ditangkap oleh KPK.
Maka kesimpulannya adalah beberapa yang ditangkap KPK adalah penjahat.

Tidak ada koruptor yang mau ditangkap KPK.
Semua yang ditangkap KPK harus diperiksa di pengadilan.
Maka kesimpulannya beberapa yang diperiksa di pengadilan adalah bukan koruptor.

  • . Silogisme Disjungtif

Penjahat itu lari ke Solo atau Yogyakarta.
Penjahat itu tidak lari ke Solo
Maka kesimpulannya adalah penjahat itu lari ke Yogyakarta

Penjahat itu lari ke Solo atau Yogyakarta.
Penjahat itu lari ke Yogyakarta
Maka kesimpulannya adalah penjahat itu tidak lari ke Solo.

  •  Silogisme Alternatif

Heru berbaju putih atau tidak putih
Heru berbaju putih
Maka kesimpulannya adalah Heri bukan tidak berbaju putih.

Heru berbaju putih atau tidak putih
Heru bukan tidak berbaju putih
Maka kesimpulannya adalah Heri berbaju putih.

  •  Dilema Konstruktif

Jika hari minggu maka saya jogging.
Jika lulus ujian maka saya senang.
Hari minggu atau lulus ujian.
Maka kesimpulannya adalah saya joging atau saya senang.

  •  Dilema Destruktif
Jika hari minggu maka saya jogging.
Jika lulus ujian maka saya senang.
Saya tidak joging atau saya tidak senang.
Maka kesimpulannya adalah bukan hari minggu atau saya tidak lulus ujian.

  •  Dilema Dua Arah

Jika hari minggu maka saya jogging.
Jika lulus ujian maka saya senang.
Hari minggu atau saya tidak senang.
Maka kesimpulannya adalah saya joging atau saya tidak lulus ujian.

  • . Simplifikasi Konjungtif
Sinta anak pandai dan kreatif.
Maka kesimpulannya adalah Sinta anak pandai.

Sinta anak pandai dan kreatif.
Maka kesimpulannya adalah Sinta anak kreatif.

  •  Penjumlahan Disjungtif

5
∴ 5 ∨ 7

Cynthia adalah gadis yang cantik.
Maka kesimpulannya adalah Cynthia adalah gadis yang cantik atau memiliki tubuh seksi.

  •  Konjungsi

5
7
∴ 5 ∧ 7

Yusuf mengambil kuliah jurusan Matematika.
Yusuf mengulang mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak.
Maka kesimpulannya adalah Yusuf mengambil kuliah jurusan Matematika dan mengulang
mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak.

  •  Komposisi

Jika saya lulus ujian maka saya akan dibelikan sepeda motor baru.
Jika saya lulus ujian maka saya akan senang.
Maka kesimpulannya adalah jika saya lulus ujian maka saya akan senang dan dibelikansepeda motor baru.

  •  Teorema De Morgan

Tidak benar bahwa saya malas dan saya nakal.
Maka kesimpulannya adalah saya tidak malas atau saya tidak nakal.

Nah, jadi sekarang Sobat sudah memiliki dasar logika untuk mengerjakan soal-soalSBMPTN pada bagian Tes Potensi Akademik. Baca juga


  • Tips dan trik mengerjakan soal TPA
  • smart solution mengerjakan TPA
  • Soal soal TPA beserta pembahasan
  • soal soal usm unsri
  • Kumpulan soal STAN dan Simak UI



    Nantikan juga tips dan trik terbaru lainnya:D

    #yang mau requwest silahkan corat coret di koment :)

                                                             vizzy.us safety url monetize

    5 comments:

    1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
      Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN

      ReplyDelete
    2. Aplikasi deret android
      https://play.google.com/store/apps/details?id=id.oddsaydev.lanjutkan

      ReplyDelete

    Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

    Ads Inside Post

    semoga bermanfaat