Wednesday, January 15, 2014

Sukses menghadapi Ujian PTN, dan ujian kedinasan

Bagi kalian yg ingin masuk perguruan tinggi baik itu yang masih kelas 12 sma maupun alumni sma yang gagal di tahun sebelumnya, pasti tidak asing dengan kata SNMPTN, SBMPTN, SIMAK, UMBPTN dan Jalur tes lainya. pada tahun ini jalur SNMPTN melalui jalur raport, ini sudah menginjak tahun kedua SNMPTN melalui jalur raport, karena sebelumnya snmptn adalah jalur ujian masuk tertulis, sedangkan untuk sbmptn tidak ada. Untuk bisa berhasil dalam SNMPTN, SBMPTN. UMBPTN maupun USM lainya, perlu adanya persiapan, Apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam ujian tersebut, berikut saya akan jabarkan bedasarkan pengalaman saya sendiri:

1. Persiapkan info sebanyak banyaknya, boleh dari internet, teman, kakak kelas, guru, maupun dari orang tua kita sendiri
2. Siapkan modem + Pulsa dan Laptop, atau hape juga boleh yang penting ada koneksi internet, ini wajib untuk anak kelas 12 tentunya, karena pengalaman dulu sambil melepas penat sekolah dan menjelang UN, kita bisa browsong cari cari info baik itu di blog, twiter, facebook, terserah sembari browsing klik new tab buka facebook ya :D hehehehehe
3. trus gabung di grup grup snmptn atau sbmptn di facebook maupun di twitter karena biasanya banyak infodisitu, karena anggotanya yuno lah seluruh indonesia, kemudian grup tersebut juga biasanya sering ngadaintry out2 online, boleh dicoba tuh apalagi terkadang ada hadiahnya walaupun cuma ebook tapi bisa   dijadikan ajang latihan.
4. Latihan soal soal tahun sebelumnya baik itu minta arsip kakak kelas, maupun cari cari sendiri di google.karena biasanya soal2 yang keluar mirip mirip dan tidak berbeda jauh, terkadang malah soal 2 tahunsebulumnya keluar pada tahun ini, tergantung si pembuat soalnya.
5. Persiapkan semuanya dengan sedini mungkin, mungkin ada pendapat teman2 "ah ujiannya masih lama, ah nanti aja belum waktunya" anggapan tersebut adalah salah. kualitas soal2 sbmptn maupun ujian mandiri lainnya jauh diatas soal un standar, karena soal soal sbmptn menuntut analisa dan perhitungan yang kuat dan tidak bisa asal tebak, walaupun ada sedikit tips dan trik dalam menjawab soal tertentu, tapi kita tidak boleh meninggalkan teorinya. dengan belajar sedini mungkin insya allah kedepannya sudah terbiasa dengan soal2 yang menurut saya soal2 yang susah dan njelimet.
6. Mengikuti les, atau bimbingan belajar di luar sekolah. walaupun harus mengeluarkan rupiah, tetapi cara ini dinilai cara utama menuju kesuksesan ujian masuk universitas, padahal nyatanya masih tergantung individu masing2 apakah tergolong orang yang rajin atau malas malasan, jika orang tersebut malas-malasan ya percuma saja ikut les atau bimbel dimana mana. 

mungkin sekian tips dan trik singkat dari saya, semoga dengan persiapan yang lebih dan terorganisir insya allah lulus di universitas yang anda inginkan 

No comments:

Post a Comment

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat