Monday, January 27, 2014

Ciri Kampas Kopling Yang Mulai Aus

Kampas kopling
Tahukah anda umur kampas kopling (clutch disc) dengan pemakaian normal bisa mencapai 4 tahun ?
Bagaimana dengan usia kampas kopling kendaraan anda ...? Berapa lama anda menggunakan kampas kopling anda ?

Teman saya mengatakan tidak mungkin usia kampas kopling bisa sepanjang itu … mari kita hitung bersama pemakaian normal kendaran dalam setaun dapat menempuh jarak 10.000 km, berarti dalam 40.000 km barulah kita mengganti kampas kopling tersebut.

Namun ternyata ada yang pada usia 30.000 km sudah mengganti kampas kopling ... kenapa ?
Jawabannya bukan semata-mata karena kualitas barang .... namun lebih pada kesalahan selama mengemudi.

Berikut adalah kesalahan kecil yang memangkas usia pakai kampas kopling selama 1 tahun.
-    Jangan menekan pedal setengah kopling karena beban yang diterima kampas besar, sehingga mengikis
      permukaan kampas kopling, dan mengakibatkan cepat aus. Contoh kesalahan yang biasa terjadi adalah dengan
      menggunakan setengah kopling pada saat berhenti dilampu merah ... sebaiknya netralkan persneling /
      transmisi.
-    Lakukan perpindahan transmisi sehalus mungkin, misalnya pada saat pindah gigi naik (dari gigi 1 ke gigi 2 dst.)
     ataupun pada saat menurunkan gigi (dari gigi 4 ke gigi 3 dst.)
-    Gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan kendaraan yang tercantum pada buku service manual. Jangan
      menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah. Contoh yang sering terjadi adalah pengemudi menggunakan
      gigi 3 dengan kecepatan hanya 30 km/jam

Coba Pahami Konsep dasar berikut ini :

“Kampas kopling digunakan sebagai transfer daya kendaraan dari mesin ke roda, bukan untuk menahan beban kendaraan”

tanda-tanda kampas kopling sudah menipis di motor kopling otomatis/ganda.Bisa dicoba cara berikut:
ketika motor dalam kecepatan sekitar 60-70kpj an..kemudian gigi ada di posisi 3 coba ditarik alias teken gas dalam-dalam..
kalo motor langsung melejit dan lari itu tandanya kampas masih bagus..
tpi..
kalo motor cuma ngeden dan teriak tertahan tapi gak lari-lari ada kemungkinan kampas kopling sudah tipis..
jadi akhirnya selip..

Jadi jika motor anda larinya tidak se lincah dulu lagi, bisa jadi kampas kopling sudah termakan usia alias sudah harus diganti, sebenarnya ga diganti ga apa-apa, tapi siapa tahan coba naik motor kalau di gas ngeden-ngeden doank tanpa ada efek lari, boro-boro mau lari dari pak polisi, mau ngejer angkot aja harus turun gigi dulu baru mau ngejer.

 Saran saya kalau motor sudah menunjukkan gejala gejala demikian, segeralah ke bengkel dan tanyakan sama mekanik nya, kalau kampasnya sudah waktunya diganti, ya diganti, jangan ditunda tunda, dari pada mesin nambah parah, harganya juga ga mahal mahal amat. oke sekian tips dari saya, semoga membantu permasalahan dan keluhan kalian selama ini.

BACA JUGA:

4 comments:

  1. Kampas kopling menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Informasi yang membantu mengenai ciri kampas kopling aus.

    ReplyDelete

Silahkan corat coret kolom komentar ^_^

Ads Inside Post

semoga bermanfaat